Selasa, 26 Desember 2017

Al - Qur'an sebagai Penyelamat.

Al-qur'an sebagai penyelamat.

Imam malik r.a. berkata :
“Tidak akan selamat atau maslahat urusan umat ini kecuali dengan apa-apa yang telah menyelamatkan generasi awalnya”.

yang menyelamatkan umat terdahulu adalah Al - qur'an.

Jika menggunakan cara-cara diluar islam berarti menganggap qur'an sebagai konsep ilmu Alloh tidak lengkap dan sempurna.

Semua urusan sentral manusia baik hidup dan kehidupannya sudah tersedia didalam qur'an, hanya saja manusia terkadang sok tahu menganggap punya jalan lain selain jalan Tuhan. Itulah keterbatasan mereka dalam memahami qur'an secara holistic.

Ke universalan qur'an tergambarkan dalam sebuah kemanfaatan besi, besi diperlukan, dibutuhkan oleh setiap lini kehidupan manusia, Karena besi banyak manfaatnya.

Besi juga sebagai simbol peradaban modern, lambang kejayaan suatu bangsa. Dalam sebuah teori mengatakan manusia pra-sejarah adalah manusia yg blm bersentuhan dengan logam/besi, sedangkan manusia sejarah adalah mereka yg sudah bersentuhan dengan besi dan sudah mengenal baca tulis (iqra).

Besi / Al-hadid dan qur'an sama-sama diturunkan dr langit oleh Alloh ke bumi, maka jika manusia tidak bersentuhan dengan nilai-nilai qur'an, tidak mengaji qur'an maka manusia itu disebut manusia primitif yg tidak berbusana yang nampak aurat-auratnya..

Lihatlah disekeliling kita bagaimana kehidupan saat dari pejabat sampai rakyatnya cara hidupnya ala rimba, mental korup, hidup ala binatang yg semuanya itu mereka tampakan tanpa rasa malu. Begitulah jika tidak mengaji qur'an dan menjadikannya quide of life akan terbelakang dr segi sosial dan budaya.

semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang disampaikan, terimakasih atas kunjungannya.