Rabu, 03 Januari 2018

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Kebanyakan orang mengetahui bahwa administrasi merupakan sesuatu hal yang berhubungan dengan perhitungan angka-angka. Padahal administrasi sebenarnya administrasi adalah keseluruhan dari rangkaian-rangkaian aktivitas yang mempunyai aturan.

Didalamnya juga terdapat sejumlah orang yang terlibat di situ. Kebanyakan sumber belajar memang memakai istilah administrasi itu, seperti menggunakannya pada istilah Administrasi Perkantoran dan manajemen perkantoran. Administrasi sendiri sebenarnya dari bahasa Yunani yakni administrare maknanya ialah pelayanan atau pengabdian.

Pada pengertian administrasi secara sempit terdapat dua pengertian yaitu administrasi merupakan sebuah aktivitas penyusunan. Pengertian kedua adalah pencatatan suatu data dan informasi secara sistematis yang memiliki tujuan untuk menyediakan bermacam-macam keterangan.

Kedua hal itu dilakukan untuk mempermudah dalam memperolehnya kembali baik secara keseluruhan atau sebagian. Sementara itu arti administrasi Dalam pengertian yang luas ialah sebuah aktivitas yang berhubungan dengan kerjasama yang dilaksanakan oleh sebuah kelompok berdasarkan tugas atau kerja setiap orang.

Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dipunyai demi mencapai tujuan tertentu. Agar anda lebih jelas memahami apa yang dimaksud dengan administrasi simak artikel mengenai pengertian administrasi menurut para ahli di bawah ini.

Pengertian Administrasi

Definisi Administrasi adalah suatu bentuk usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.

Pengertian Administrasi menurut para ahli

Arthur Grager

Arthur grager menyatakan bahwa administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.

Bachsan Mustafa, SH

Administrasi Negara menurut Bachsan Mustafa, SH adalah kombinasi dari posisi – posisi yang dibentuk dan diatur bertingkat dipercayakan kepada tubuh – membuat badan hukum – hukum dan badan – badan kehakuman.

FX.Soedjadi

Definisi Administrasi adalah kegiatan prosedur usahakantor (catatan, mengetik, menggandakan, dan sebagainya).

George Terry

George Terry berpendapat bahwa administrasi adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

John M. Pfiffer dan Robert V

Administrasi negara menurut John M. Pfiffer dan Robert V adalah proses yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan – kebijakan pemerintah, keterampilan bimbingan dan teknik – teknik yang tidak terbatas jumlahnya, memberikan arah dan tujuan untuk mencoba sejumlah orang.

Leonard D. White (1958)

Definisi Administrasi menurut Leonard D. White adalah proses yang umum di semua upaya kelompok di kedua perusahaan publik atau swasta.

Munawardi Reksohadiprowiro

Pengertian administrasi “dalam arti sempit” menurut Munawardi Reksohadiprowiro berarti pemerintahan, termasuk pengaturan setiap rapi dan sistematis serta penentuan fakta dan ditulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang komprehensif dan keterkaitan antara fakta dengan fakta lain.

M/E Dimock Dan G.O Dimock

Administrasi Negara adalah bagian dari administrasi publik yang memiliki bidang yang lebih luas, yang merupakan studi tentang bagaimana lembaga – lembaga mulai dari keluarga untuk percaya bangsa – bangsa disusun, digerakkan dan dikemudikan.

Prof. Dr. Prajudi Atmosudirdjo

Menurut pandangan Prof. Dr. Prajudi Atmosudirdjo, Administrasi Negara melakukan fungsi bantuan pemerintah berarti pemerintah (pejabat) tidak dapat memenuhi tugas – tugas tanpa administrasi Negara.

Simon

Administrasi menurut Simon adalah kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tugas bersama-sama.

Sondang P. Siagian

Sondang P.Siagian menjelaskan bahwa administrasi adalah keseluruhan dari proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan dari atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Soewarno Handayaningrat

Berdasarkan pandangan Soewarno Handayaningrat Administrasi merupakan kegiatan yang meliputi catatan, korespondensi, pembukuan ringan, keti-mengetik, sehingga agenda teknis dan administratif.

The Liang Gie

Menurut The Liang Gie, definisi administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kemitraan untuk mencapai tujuan tertentu.

Ulbert

Administrasi secara sempit didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh. Sedangkan pengertian administrasi dalam arti sempit dikenal dengan istilah tata usaha.

William Leffingwell dan Edwin Robinson
Definisi administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.

Wijana

Menurut Wijana, Administrasi merupakan “kombinasi dari semua Negara biaya rendah dan tinggi menjalankan pemerintahan dan polisi pelakanaan.

WH EVANS

Definisi Administrasi adalah fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan arah semua tahap operasi perusahaan dalam bahan pengolahan informasi, komunikasi, dan memori organisasi.

Wilson 1987

Wilson menurutkan bahwa administrasi sebagai ilmu. Pemikiran tentang kepemimpinan resmi supremasi politik birokrasi yang timbul dari perbedaan antara fungsi politik dan administrasi, dan asumsi tentang superioritas fungsi – fungsi administrasi politik. Klasik slogan yang pernah ditawarkan ketika fungsi politik berakhir fungsi administrasi itu mulai, ketika akhir politik, administrasi – Wilson 1941.

Demikianlah Pengertian Administrasi Menurut para ahli semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang disampaikan, terimakasih atas kunjungannya.